fbpx

Ikuti Langkah Sukses Menjadi Pengusaha Bisnis Kuliner

Bisnis makanan ringan unik yang menguntungkan – Usaha kuliner akan selalu menjadi trending business di dunia bisnis seluruh penjuru dunia, termasuk juga di Indonesia.

Jika anda jeli memperhatikan, ada begitu banyak produsen makanan dan pengusaha kuliner yang baru membuka sebuah usaha seperti café, toko kue, restoran, atau bisnis makanan cepat saji, namun tidak membutuhkan waktu yang lama untuk meraih kesuksesan, meraup untung besar, dan berhasil memiliki belasan bahkan puluhan cabang di kota-kota besar dalam waktu yang singkat.

bisnis makanan

Mengapa bisa demikian?

Rahasia Suksesnya Bisnis Kuliner

Hal tersebut tentunya membuat para pelaku bisnis kuliner newbie penasaran, dan pasti ingin mengikuti jejak pengusaha kuliner yang berhasil sukses. Ini dia rahasianya!

Mudahnya mencapai kesuksesan dalam bisnis kuliner diantaranya adalah karena:

1. Sesuai selera konsumen pada umumnya

Selera orang Indonesia pada umumnya adalah makanan-makanan yang ringan, aneka mie, lalapan dan gorengan tahu tempe atau ikan, daging-dagingan, masakan pedas, dan masakan bersantan, itulah jualan makanan yang paling laris serta makanan yang banyak diminati anak muda.

Anda bisa perhatikan sendiri bahwa gerai makanan dengan menu-menu masakan rumahan atau masakan tradisional tersebut selalu ramai pengunjung dan punya banyak pelanggan.

2. Nama menu dan brand yang punya ciri khas

Coba anda sebutkan nama-nama gerai makanan yang laris manis di kota anda. Sebuah gerai makanan yang menggunakan embel-embel kata “setan” yang berarti pedas ternyata lebih laris dibandingkan gerai serupa yang hanya menyebutkan nama produknya.

bisnis kuliner setan
Beberapa tahun belakangan ini banyak pengusaha kuliner yang bahkan mencampur Bahasa Inggris dengan kata-kata dari Bahasa daerah, contohnya Bahasa Jawa atau Bahasa khas Walikan kota Malang, untuk memberi nama menu-menu andalannya.

3. Beredar di media sosial

Satu lagi alasan mengapa bisnis kuliner cepat meraup keuntungan dan dikenal masyrakat adalah karena memiliki akun media sosial seperti Facebook dan Instagram. Kedua media sosial itu merupakan tempat pengusaha kuliner beriklan secara gratis dengan aktif mengunggah foto-foto menu setiap hari, dengan kutipan-kutipan yang lucu dan menarik.

promosi-usaha kuliner

Cara ini terbukti mampu menjangkau lebih banyak konsumen dibandingkan melakukan promosi konvensional lewat brosur, billboard, koran, atau radio, yang tentunya membutuhkan biaya.

4. Desain tempat yang instagramable

Gerai makanan atau café yang eksis sekarang ini memiliki kesamaan, yaitu sama-sama punya dekorasi dan tata ruang yang menarik, tidak membosankan, dan Instagramable alias bisa menjadi spot foto yang bagus untuk diunggah ke media sosial.

5. Tersedia layanan delivery

Zaman now, ketika hampir semua aktivitas banyak dipermudah oleh teknologi, pengusaha bisnis makanan yang sukses ternyata cukup jeli melihat peluang dengan menyediakan layanan delivery, alias pengiriman makanan langsung ke tempat konsumen.

Bahkan dengan aplikasi transportasi online, konsumen bisa memesan makanan dan membayarnya melalui aplikasi tanpa harus membuang waktu di perjalanan untuk mendatangi gerai makanan tersebut.

Mulai Siapkan Usaha Makanan Sekarang Juga

Meskipun ada begitu banyak produk makanan yang sejenis, atau serupa tapi tak sama, apapun merknya, produk tersebut tetap laris manis terjual dan diminati banyak orang. Dengan bukti ini, maka tidak ada salahnya jika anda mencoba memulai usaha makanan unik dan kreatif untuk dijual, baik dengan sistem franchise atau waralaba maupun bisnis atas nama anda pribadi.

Untuk anda pelaku bisnis pemula, tahukah anda apa sajakah yang harus dilakukan dan disiapkan untuk memulai usaha makanan ?

Simak 7 langkah mudah memulai usaha makanan berikut:

1. Tulis detail rencana dan strategi bisnis

Langkah sederhana ini seringkali dilewatkan oleh sebagian pebisnis pemula. Padahal menuliskan detail rencana dan strategi bisnis akan membantu jalannya usaha sekaligus membuat anda tetap keep on the track alias tetap terkontrol dalam memutuskan sesuatu sesuai dengan target dan rencana semula.

rencana bisnis makanan

10 pertanyaan perencanaan usaha berikut ini bisa membantu anda menuliskan detail usaha makanan yang akan anda jalankan:

  1. Apa nama menu andalan bisnis anda?
  2. Siapakah sasaran konsumen dan kompetitor bisnis anda?
  3. Apa kelebihan dan keunikan menu andalan anda dibanding menu kompetitor?
  4. Bagaiman menu andalan anda disajikan atau dikemas?
  5. Berapa harga menu andalan anda?
  6. Bahan baku dan perlengkapan apa saja yang harus anda siapkan untuk bisnis makanan anda?
  7. Dimana lokasi strategis untuk gerai makanan anda?
  8. Bagaimana konsep desain gerai makanan anda?
  9. Bagaimana strategi promosi menu gerai makanan anda?
  10. Berapa budget yang harus anda siapkah untuk memulai usaha?

2. Lakukan survey atau riset

Untuk menjawab beberapa pertanyaan perencanaan usaha kuliner yang sudah anda tulis, anda perlu melakukan riset atau survey pasar untuk mengetahui bagaimana kira-kira respon pasar dan target konsumen terhadap konsep menu kuliner yang anda tawarkan.

Survey juga diperlukan untuk mengetahui detil kompetitor bisnis kuliner anda sehingga anda bisa menyiapkan strategi khusus ketika nanti memperkenalkan dan memasarkan menu andalan anda di pasar bisnis makanan.

3. Komitmen menjaga kualitas

Setelah menjawab dan merinci semua pertanyaan perencanaan tersebut, buatlah komitmen untuk selalu menjaga kualitas menu makanan andalan bisnis kuliner anda, mulai dari kebersihan, rasa makanan, hingga penampilan dan kemasannya. Pastikan anda punya waktu dan tenaga (jika tidak dilakukan sendiri) untuk mengawasi proses pengolahan makanan sampai menu siap disajikan kepada konsumen.

4. Tentukan supplier bahan baku

Salah satu cara yang mendukung terjaganya kualitas menu andalan bisnis kuliner anda adalah dengan memilih supplier bahan baku yang juga berkualitas, terpercaya, ahli di bidang kuliner, dan memiliki rekam jejak atau track record yang baik selama menjalankan bisnis makanan.

5. Pilih jenis usaha

Jika anda merasa budget untuk modal usaha anda belum mencukupi, maka anda bisa mempertimbangkan untuk bergabung dalam waralaba atau franchise bisnis makanan ringan yang menjanjikan, caranya:

  1. Lakukan survey terlebih dahulu apakah produk makanan sejenis menawarkan sistem franchise.
  2. Pastikan waralaba yang anda pilih sudah memiliki izin usaha yang legal
  3. Dapatkan informasi detil mengenai sistem franchise dengan pewaralaba tersebut

6. Siapkan managemen keuangan

Hal yang satu ini tidak boleh terlewat ketika anda bersiap memulai usaha apa saja, termasuk bisnis makanan ini. Tanpa perencanaan dan pelaksanaan managemen keuangan yang baik, transparan, dan disiplin, maka usaha makanan anda tidak akan bertahan lama dan tidak menghasilkan keuntungan sesuai ekspektasi rencana semula.

managemen keuangan bisnis kuliner

7. Buat job desk

Jika bisnis makanan ini milik anda pribadi, maka pertimbangkan apakah anda membutuhkan beberapa tenaga staf khusus untuk membantu jalannya usaha. Pikirkan dengan matang siapa, anggota keluarga ataukah harus merekrut karyawan, yang akan membantu anda untuk:

– mengolah menu

– mengawasi proses pengolahan makanan,

– menjaga gerai,

– melayani konsumen,

– melakukan promosi,

– mengurusi management keuangan usaha

Yang terakhir tapi tak bisa dianggap remeh adalah konsistensi. Sekali anda mengambil keputusan untuk memulai bisnis kuliner ini, maka anda harus bertanggung jawab pada pilihan yang sudah anda buat ini dan menjaga konsistensi semangat agar bisnis makanan anda sukses dan bertahan lama.

 Baca juga : Cara Cepat Kaya Dengan Usaha Makanan