usaha makanan laris manis

5 Tips Jitu Agar Usaha Makanan Laris Manis

Tips Berikut Mungkin Berguna untuk Anda yang Mau Memulai Usaha

5 Tips Jitu Agar Usaha Makanan Laris Manis Menguntungkan – Sudah jenuh bekerja di kantor dan berencana membuka bisnis sendiri? Usaha makanan merupakan pilihan yang sangat tepat bagi anda yang ingin mencoba menjalankan bisnis pribadi atau keluarga.

usaha makanan laris

Mengapa harus usaha makanan?

Berikut alasannya mengapa bisnis makanan banyak dipilih:

  1. Produk selalu fresh, segar atau hangat

Pada umumnya usaha kuliner menyajikan masakan-masakan atau menu-menu yang baru diolah atau dimasak ketika ada pemesanan. Jadi, menu yang dijual adalah masakan yang masih hangat atau fresh from the oven.

  1. Kebutuhan utama

Makanan merupakan kebutuhan primer manusia, itulah mengapa larisnya usaha makanan tampaknya tidak akan pernah surut atau bahkan mati. Meskipun ratusan pemilik rumah makan menjual menu yang sama, mereka selalu memiliki kekhasan masakan dan konsumennya sendiri.

  1. Beragam pilihan

Bisnis makanan memungkinkan anda untuk menemukan beragam pilihan menu beserta aneka kreasinya, yang tidak akan bisa anda lakukan jika berbisnis pakaian, peralatan rumah tangga, atau aksesoris. Anda bisa menjual makanan ringan, aneka nasi, kue kering atau kue basah, makanan tradisional, atau makanan ‘asing’ cepat saji seperti burger atau kebab.

Dengan bisnis makanan, anda punya banyak peluang untuk memberi kreasi dan ciri unik pada menu andalan anda, meski bahan bakunya sejenis dengan produk makanan lainnya.

Tips Agar Usaha Makanan Laris Manis

Tentunya bisnis makanan anda harus memiliki ciri yang membedakan dari menu-menu sejenis yang sudah lebih dulu beredar di pasaran dan lebih dikenal masyarakat luas.

Mari kulik ulasan berikut ini, tips agar usaha makanan menguntungkan dan laris manis:

  1. Kualitas rasa

Semenarik apapun konsep sajian dan nama menu makanan andalan bisnis anda, kualitas rasa tetap menjadi penentu apakah bisnis kuliner anda bisa bertahan di tengah persaingan yang ketat. Konsumen akan menyeleksi apa yang menjadi favorit mereka dari segi rasa.

usaha makanan maknyus

Terutama jika anda mematok harga yang lumayan untuk makanan anda, maka rasa haruslah menjadi perhatian utama.

Pertahankan pula kualitas bahan baku dan rasa menu andalan ini sampai kapanpun agar pelanggan anda tidak pergi. Dan sebaiknya anda juga banyak melakukan survey atau eksperimen dan menambah pengetahuan tentang kuliner untuk mengembangkan produk makanan yang anda jual.

  1. Pelayanan tidak mengecewakan

Servis atau pelayanan juga menjadi salah satu penilaian konsumen. Maka, perlakukan dan layani konsumen dengan baik, ramah, dan tentunya cepat. Yang seringkali terjadi, konsumen yang merasa kecewa tidak langsung melakukan complain pada anda, tetapi membicarakannya dengan orang lain, dan seterusnya. Mouth to mouth news tentang pelayanan yang mengecewakan ini bisa membahayakan kelangsungan bisnis kuliner anda.

  1. Strategi promosi

Menjalankan bisnis di era digital bisa jadi sangat menguntungkan atau malah sebaliknya, merugikan, jika anda kurang bisa memanfaatkan segala kemudahan teknologi yang ada sekarang. Kekuatan promosi dan seberapa jauh anda menjangkau konsumen akan menjadi salah satu penentu kesuksesan bisnis kuliner.

promosi sosial media

Satu contohnya adalah melakukan promosi melalui media sosial seperti Facebook dan Instagram. Promosi bisa berupa:

  • Foto menu dengan caption menarik, lucu dan menggelitik
  • Sayembara jingle atau lagu untuk bisnis anda
  • Sayembara memberi nama salah satu produk anda
  • Ucapan hari-hari besar nasional
  • Informasi cuaca dan event di kota anda
  • Informasi unik dan menarik tentang makanan, bahan baku, atau apapun yang sedang menjadi trending topic di media sosial
  1. Fokus

Jangan keburu berpikir tentang membuka banyak cabang dalam satu kota jika anda baru memulai usaha makanan. Cobalah untuk fokus pada satu tempat dulu. Pertahankan dan kembangkan satu-satunya outlet makanan anda ini mulai dari segi rasa dan variasi menu, inovasi produk, memperbaiki pelayanan pada konsumen, meningkatkan promosi, dan boleh juga renovasi outlet.

  1. Perluas koneksi

Sebagai pemilik dan pengelola bisnis kuliner, anda harus memperluas jaringan bisnis anda. Ini dimaksudkan agar bisnis kuliner anda bisa menjangkau lebih banyak konsumen dan berpeluang meningkatkan nilai jual. perluas bisnisMisalnya dengan mengikuti workshop seputar kuliner, bazaar kuliner, atau penyedia menu makan untuk agen travel, tempat wisata, hotel, dan perkantoran.

Nah, selamat mencoba!

Baca juga : 5 Jenis Usaha Kuliner yang Paling Laku!! (Bisnis Makanan Ringan)

2 thoughts on “5 Tips Jitu Agar Usaha Makanan Laris Manis”

  1. Pingback: INILAH 5 Bisnis Makanan Ringan yang Paling Laku | TawTawTahu

  2. Pingback: Miliki Franchise Tahu Crispy Hanya Modal 3 Juta | TawTawTahu

Comments are closed.